//
you're reading...
Informasi, News

Warga AS Tak Peduli Risiko Kanker Pada Ponsel


NEW YORK – Pekan lalu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa penggunaan ponsel dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko penyakit kanker. Rupanya peringatan ini ditanggapi dingin oleh kebanyakan penduduk Amerika Serikat.

Pencarian kata ‘kanker’ dan ‘ponsel’ melalui mesin pencari raksasa Google melonjak menyusul pernyataan dari WHO. Beberapa orang juga mengklaim akan membeli perangkat headset demi mengurangi pengaruh radiasi.

Namun sebagian besar penduduk AS rupanya memilih tidak mengacuhkan peringatan tersebut. Ada yang menganggap pemaparan WHO masih tidak jelas. Sementara, ada juga yang rela menerima risiko tersebut selama bisa menggunakan perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat modern.

“Saya melihat berita itu dan berpikir toh saya memang kacau karena sudah berbicara lewat ponsel selama tujuh tahun,” ujar warga New York berusia 31 tahun Genevieve Chamorro sebagaimana dikutip Straits Times, Senin (6/6/2011).

Di pihak lain, seorang manajer toko ponsel di New York, John Gottani, mengatakan dia telah menjual ponsel selama enam tahun dan mengklaim tidak pernah mendengar ada pembeli yang menanyakan risiko kanker. Menurut Gottani, satu-satunya hal yang dipedulikan konsumen adalah “apakah ponsel ini berfungsi dengan baik dan apakah ponsel bisa mengirim SMS”.

WHO melalui International Agency for Research on Cancer (IARC) melakukan pertemuan selama sepekan di Prancis untuk mengetahui risiko kanker akibat terpaan gelombang elektromagnetik. Salah satu studi tentang penggunaan ponsel hingga tahun 2004 yang ditemukan IARC menunjukkan adanya peningkatan risiko glioma hingga 40 persen pada pengguna ponsel dengan rata-rata pemakaian 30 menit per hari dalam kurun 10 tahun.
(van)

sumber: okezone.com

About verdiananakdesa

Hanya Manusia Biasa...Yang Ingin Belajar lebih Banyak Lagi Tentang Hidup Ini....

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: