//
you're reading...
News Kampus

AMIKOM Peringkat I Versi Webometrics


YOGYAKARTA – STMIK AMIKOM Yogyakarta, kembali mencatatkan prestasinya di tingkat nasional dan internasional. Hasil riset yang dilakukan Webometrics, sebuah lembaga pemeringkatan internasional yang berkantor pusat di Madrid, Spanyol, menempatkan AMIKOM, sebagai perguruan tinggi terbaik pertama kategori google scholar dalam Rangking Web of World Universities.

Ketua STMIK AMIKOM M Suyanto menjelaskan, prestasi google scholar berhasil diraih atas dasar karya ilmiah terbanyak yang dapat diakses melalui media internet google. Google scholar sendiri merupakan satu dari empat kriteria yang digunakan Webometrics dalam mengukur pemeringkatan perguruan tinggi khususnya di bidang Information and Communications Technology (ICT) dengan website sebagai proxinya.

”Kalau ukurannya pemeringkatan Rangking Web of Indonesia, AMIKOM menempati posisi 18 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia, peringkat 71 di Asia Tenggara dan 2.317 tingkat dunia,” katanya kepada Seputar Indonesia (SI), di ruang kerjanya, Selasa, 19 Juli, kemarin.

Meski secara pemeringkatan Web of Indonesia, AMIKOM masih berada di peringkat 18, kata Suyanto, hal itu dinilai prestasi yang membanggakan. Karena, AMIKOM adalah satu-satunya sekolah tinggi yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi ternama baik di Indonesia maupun Internasional. ”AMIKOM dibanding perguruan tinggi seperti UGM ataupun ITB, tergolong masih kecil. Tapi prestasi ini sungguh membanggakan,” terangnya.

Ditambahkan Suyanto, beberapa tahun lalu, banyak pihak yang menertawakan AMIKOM bisa menyejajarkan diri dengan Nanyang Technological University, Singapura. Ketika itu dia juga menganggap cita-cita tersebut sebagai mimpi. Tapi faktanya, mimpi itu kini mampu diraih. Kini, Suyanto menargetkan, kampus yang ada di bawah kendalinya mampu berdiri sejajar dengan National University of Singapura yang kini berada di peringkat pertama.

”Targetnya bukan waktu pendek. Mungkin butuh beberapa tahun ke depan. Tapi kami optimistis mampu meraihnya,” tandasnya.
(Arif Budianto/Koran SI/rhs)

okezone

About verdiananakdesa

Hanya Manusia Biasa...Yang Ingin Belajar lebih Banyak Lagi Tentang Hidup Ini....

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: