//
you're reading...
Teknologi, Tips, Tips komputer, Trik

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Bisa Full 100%


Pernahkan anda melakukan pengecasan baterai laptop seharian namun indikator tidak menunjukan 100% atau Full? Hal ini memang membuat kita kebingungan jika tidak tahu cara mengatasinya. Sedikit tips akan saya berikan untuk mengatasi hal semacam ini. Meskipun kita sudah melakukan cas secara non-stop, tapi indikator masih dibawah 100% dan sudah ditandai plug in, not charging.

Sebab-sebab baterai tidak bisa terisi penuh:

  • Membiarkan Laptop mati dengan sendirinya setelah power baterai habis.
  • Pengaturan Critical Battery Level yang terlalu rendah pada Power Options, sehingga Windows akan melakukan aksinya setelah baterai benar-benar habis(dibawah 5%).
  • Adanya gangguan listrik dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah tips untuk mengatasi hal semacam ini:

  1. Lakukan pengecasan laptop sebelum baterai benar-benar habis. Serta atur Critical Baterry action menjadi Hibernate, sehingga jika baterai sudah menunjukan lemah maka Windows akan melakukan hibernate dan data yang anda sedang kerjakan masih tetap tersimpan. Atur juga Critical Baterry level menjadi 7% lebih atau jadikan sesuai default.
  2. Untuk menambah kapasitas baterai yang ditandai dengan meningkatnya jumlah nilai persentase. Lakukan pengecasan saat baterai masih terisi penuh atau berkurang sedikit dari persentase maksimal saat ini. Hal ini bisa berlangsung lama, setelah persentase meningkat 1% lakukan lagi pengecasan hingga beberapa jam kedepan. Biarkan proses pengecasan tetap berjalan karena baterai saat ini ada fitur penghentian proses carger secara otomatis jika baterai sudah penuh.
  3. Jika ingin meningkatkan persentase pengisian baterai, lakukan pengecasan kembali saat baterai masih berisi 60% atau saat baterai masih terisi jauh dari angka maksimal saat itu. Tunggu hingga ada penambahan 1 % , biasanya satu hari akan bertambah 1%. Memang membutuhkan waktu yang lama.
  4. Lakukan shut down pada laptop anda jika sudah tidak digunakan, serta biarkan proses charging baterai tetap berjalan. Serta kalau bisa cas terus baterai yang bertujuan agar menjadi penyegaran untuk pembacaan persentase baterai agar kembali 100%. Jika ingin tidur biarkan saja tetap di charging, sehingga semoga keesokan harinya ada pertambahan kembali.
  5. Lakukan hal ini secara terus menerus hingga baterai sudah mencapai fully charged 100%, lama peroses seperti ini tergantung berapa persentase pengurangannya. Jika pengurangan hingga 20% maka kira-kira membutuhkan waktu 20 hari. Memang cukup lama tapi demi pembacaan fully charged kembali pada 100%.

About verdiananakdesa

Hanya Manusia Biasa...Yang Ingin Belajar lebih Banyak Lagi Tentang Hidup Ini....

Diskusi

22 thoughts on “Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Tidak Bisa Full 100%

  1. tapi misalnya kita sudah melakukan pengecasan lumayan lama lah
    tetapi gak penuh2 , gimana tuu ? ;o

    Posted by nova nanda sari (@nophasiinova) | Juli 11, 2012, 3:55 pm
  2. mas ,,mw tanya laptop saya acer 4740, tp bermslah sama batre nya ,,waktu sya charger batre g pernah full ,,biasanya klo normalnya indikator lampu led waktu batre fullnya warna biru,,skrg mlh lampunya oren truz g bs warna biru n hasilnya ktika laptop dihidupin dan dicek baterai jg g full/penuh, yg biasanya 100% malah Jadi 85%,,n ktika laptop dicoba dicharger dlm on,,,diicon batrenya muncul tulisan ac on power,,,kira2 apa masalahnya boz mas..?
    please bantu saya mas, solusinya tolong dikirimkan ke email saya rahmadhidayat2815@gmail.com
    trimksh bnyk sblmnya mas..

    Posted by rahmad hidayat | Desember 8, 2012, 11:05 pm
  3. mas, laptop saya itu hanya tercharger 65% , waktu itu saya sempat mengotak atik masalah power options . Dan tiba – tiba ketika saya mencharger , hanya terisi 65% , pernah waktu itu terisi 100% , tetapi tidak bisa lagi . Dan di dekat icon baterai saya tertulis , your current setting might reduce peformance , so , wht should i do ?? pleaasseee , i really need ur help .. This is my e- mail intan.putri97@yahoo.co.id .. thnk’s a lot.. =)

    Posted by intan karnina putri | Januari 12, 2013, 8:27 am
  4. untuk merk acer tinggal Update BIOS terbaru gan, manjur…. http://www.acer.co.id

    Posted by n451pku | Januari 28, 2013, 7:23 am
  5. mas,, batre saya mengisi sampai 80% namun setelah itu tidak tersambung lagi padahal masih nyolok ke listrik mas.
    saya baru beli laptop samsung sekitar 7 bulan,, mohon bantuannya..
    ditunggu jawabannya di alamat email fernandosricardosihombing@yahoo.co.id

    Posted by Fernandos | Februari 25, 2013, 2:56 am
  6. thanks infonya

    Posted by luluk ambarwati | Maret 13, 2013, 9:25 am
  7. mas nanya ya, baterai saya ga bisa full 100% cuma 75%, padahal baru sebulan umurnya, kalau misal ngikutin cara diatas kira kira sehari nambah sepersen, beresiko ke baterainya ga mas kira kira? jadi bocor ga kira kira? makasi yaa

    Posted by Alya | April 9, 2013, 6:05 am
  8. mass.. masalah saya sama kyk yg d atas
    laptop HP udah 2 tahun d pake tapi dah sebulan ini, gak bisa 100% cas nya, cuma sampe 85% mentok
    dan pada saat charge nya d lepas langsung bekurang 5% tiap 10 detik’ jadi cuma tahan skitar 5-10 menit.. biasanya 85% dapat menghabiskan waktu sekitar 2 jam pemakaian normal office..

    pertanyaan
    1. kenapa kalo d charge gak bisa full 100%, bagaimana solusinya ?
    2. kok laptop saya menjadi boros ya mass, bagaimana solusinya ?
    3. tolong ya mas, hee
    alamat email saya ( freeart89@ymail.com )
    TERIMAKASIH.

    Posted by MRPZ | November 7, 2013, 8:03 pm
  9. maz saya mau tanya, saya baru beli netbook zyrex 2 minggu tapi pengisianya sampai 80% gak bisa naik lagi, itu gimana caranya?

    Posted by silo | Desember 15, 2013, 12:12 pm
  10. saya dah lalukukan seperti saran mas tapi kok dakadaberubahan ya mas.leptop saya samsung

    Posted by abdullah | Desember 23, 2013, 6:24 pm
  11. mas saya punya netbook hp mini 110 kalo dicas biasa lampu berwarna merah dan indikator baterai penuh warna putih tapi belakangan ini kalo sudah mencapai 80% lampunya bergantian kedip merah dan putih. bagaimana solusi untuk memperbaikinya?

    Posted by andi | Februari 12, 2014, 7:19 pm
  12. kalo bikin blog isinya jangan copas semua gan, asal copas tanpa ada ilmunya….artikel ginian ane udah nemuin di lebih dari 20 blog, isinya sama. Kalo mau bikin artikel yah tolong jangan asal copas tanpa ada ilmunya.

    Posted by Sumitra | Maret 2, 2014, 3:12 pm
  13. Untuk pengaturan critical battrey itu dmn ya sob???maaf gaptek..
    please send email ronji.bayan@gmail.com

    Posted by Ronji | Maret 30, 2014, 2:04 pm
  14. Untuk pengaturan critical battrey menjadi hibernate itu dmn ya sob???kasih screenshotnya jg..maaf gaptek..
    please send email ronji.bayan@gmail.com.. suwun . . . .

    Posted by Ronji | Maret 30, 2014, 2:05 pm
  15. laptop saya juga mengalami masalah yang sama tidak pernah mau ngisi penuh (hampir 3 bulan), sebelumnya baterai normal-normal aja sampai suatu saat saya menggunakan flashdisk yang bervirus (habis dipake buat naro file untuk print digital) nah semenjak flashdisk tersebut masuk ke USB laptop saya lagi, baterai saya tidak pernah penuh (60% available (plugged in, not charging)). Saya pernah googling, mbah google bilang masalahnya dikarenakan “Microsoft ACPI-Compliant Control Method Battery” tp setelah saya update tetap tidak berfungsi normal. yang jadi pertanyaan saya “apa mungkin ini karena ulah virus (karna saya memakai WIndows 7 64bit)?”
    terima kasih anda sudah membantu saya.

    Posted by sal | April 6, 2014, 2:23 am
    • setelah saya search lbh mendalam lagi di mbah google, ternyata untuk laptop saya (lenovo z400) permasalahanya terletak pada setingan.baterai di software bawaan dari lenovo nya. jika kita memilih optimized maka status pada baterai hanya terisi maksimal 60%, tapi baterai kita lbh awet, jika kita memilih high performance akan terisi penuh 100%. mungkin agan2 perlu mencoba di settingan software batterai nya…

      Posted by sal655 | April 8, 2014, 12:53 pm
  16. em permisi, numpang nanya gan, Laptop gw merk axioo. baterai gw di charge ttp 58% mulu trus wktu d cbut eh lgsung mati gmn tuh. And wktu gw balikin k safe mode lgsung aneh tampilanny kyak wind xp pdhl pny gw wind 7 and baterainy udh ttp gtu mlu… Dbles scptny y gan di fernyindy@gmail.com

    Posted by ferny | Juni 7, 2014, 5:10 pm
  17. Mau coba gan. thanks infox.

    Posted by Putra Assiddiq Al-Afasy | Agustus 31, 2014, 8:43 pm
  18. sebetulnya gampang kalo baterai leptop ga mau 100% terisi penuh. ini triknya coba buka baterai dari leptop trs simpan didalam lemari biarkan sampai jamuran setelah itu beli baterai leptop dengan yang baru yg ori jangan yg kw kw an pasang dan cas lihat hasilnya 100% terisi penuh.

    Posted by bonermania | September 12, 2014, 9:11 am

Tinggalkan Balasan

